Rabu, 11 Maret 2009

Janji Yang Tertunda

Met siang 4 all bloger …………..

Setelah berminggu-minggu Ptk cerrrah membarrra dengan sinarrr mentarrri yang membakarrr so… membuat gerrrahhahaha n panassstts, akhirnya minggu siang ini hujan mengguyurrrnya, wlw hanya sebentarrr, padahal stok air hujan dah 2 tong blue ludes. Tapi syukur pada-Nya karena mendung ini tlah membuat hatiku ringan menghampiri benda hitam seberat 12 inc yang selalu pada posisinya yang manis menemaniku menyelesaikan tugas-tugas dan jemari inipun santai hilir-mudik di keyboardnya.

Wooww….kaget neh!!! dilayar seakan-akan ada dua wajah sohibku, aku akan menyapa dan mengucapkan terima kaciiiiiiiih yang tak terhingga bgt karena mereka yang gencar terus memberondongku dengan pertanyaan-pertanyaan mana postingnya nich ????. PUAS SEKARANG!!! Ha ha…….55555x. Kedua sohibku itu g perlulah kusebutkan namanya karena kalo para bloger visiting my blog, ada tamu yang selalu wara-wiri dan menyapa yang itu-itu aja à mana postingnya ????? Nah itulah mereka!!! Apalagi sohib yang satunya lagi, g di dunia maya aja dia ‘menegur’ dengan pertanyaannya itu, di dunia nyata palagi, sakit tauu !!! he he… (ssssttt beliau ini atasanku yang slh satu tugasnya mengatur jam mengajar kami biar g tabrakan, jgn marah ya Pak???? Cheers, palagi sampe berhenti order Tupperware ha ha…. oh ya limited Maret neh product e oke banget pak n tentang price masih low karena aku masih memposisikan diri sebagai Penjual Super Marginal àPenjual yang harga pokoknya di bawah harga distributor yang lain ha ha…, Rugikah aku ? Tidak !!! karena aku dapatkan Profit yang lebih besar lagi yaitu silaturahmi semakin terjalin indah. Selain itu karena aku mo membentuk Pembeli Super Marginal à Pembeli yang daya belinya di atas harga pasar alias pembeli efektif alias pembeli yang berdaya beli). Nah lho…!! kok aku jadi ngelantur sob n g nyambung getoch. Yah…kali ini aku mo melemaskan jari-jariku aja. Ntah kedua sohibku mo bilang apalah, yang penting dua minggu ini aku dah mengajarkan siswa/iku tentang POSTING dari Jurnal Umum ke Buku Besar bahkan sampe Neraca Saldo hik…hik…hik… Untuk mengisi waktu libur sekolah 2 hari ini, aku beri mereka tugas mandiri satu siklus tahap pencatatan akuntansi. Tujuanku memberi tugas sepaket itu biar mereka stayhome he he… lagian ntar mereka ulangan tengah semester tanggal 16 Maret nanti sudah punya ‘pengalaman’ dalam mengatasi soal yang dia hadapi. Eeiitt… jangan curiga dulu…. Tugas dengan Soal Ulangannya g sama kok.

Dan sambil nyelam minum air dech… selain kedua sohibku yang enak diajak sharing tuh…, aku mo ngucapin terima kacih buat siswaku, yang tlah membuat MOUSE ku berlari2 n terus membuntuti....(kate Faiz “ ibu payah ajudan mousenye ngikut terus”). Bahkan oleh Ms.Green termasuk blog fabulous..jadi mhalllhu ( oh ya… Ms, PR ku selesaikan? Hm….kapan kite nonton lagi nech). Mau tau g sih semua itu karena hasil cerewetku yang direalisasikan oleh…..hmmm para bloger dah pasti kenal dengan aktivis blog yang satu ini dia adalah aRTi iRHaMNa alias iam. Dah lama neh g ktemu iam sejak TO 2 kmrn. Sebab kalo dah ketemu iam, maunya nanya mulu (dan iam guru yang sabar lho mengajarkan gurunya ini he he… tenKQ bgt deh buat iam). Pada suatu minggu saat kerja bakti bersihin lingkungan Masjid Raya Mujahidin selesai, kami g langsung pulang, mumpung ada iam jadi belajar n bertanya sepuas-puasnya. Dan Azan Ashar kami baru pulang dengan jemputannya masing2 (sm2 g bs bw kendaraan bro ha ha…..). Mudah2an kalo Kak Seto (ccciiiyyyaahh..geer banget aku) membaca blog ini g menjaringku karena telah melanggar HAM tentang kebebasan anak-anak. Trus buat sahabat-sahabat n siswa/iku yang lainnya, yang tlah sudi berkunjung di blog yang gersang, tandus n dangkal nech…tidak ada kata lain selain “Thx 4 all visiting my blog dech”.

Dan sekalian deh tuk ngingatin seluruh siswa/iku yang dilingkungan Mjie khususnya dan dibimbel umumnya, doa ibu Cuma satu pada Nya : SEMOGA LULUS UN SEMUANYA. Tapi apapun hasilnya, selama kita tlah maksimal mempersiapkan diri, yang Lulus dah pantas tuk bersujud syukur bukannya membusungkan dada, konvoi, corat/ret seragam. Karena g sampe disitu nak, didepan sana terbentang option yang harus kamu pilih. Dan harapan kami sebagai pendidik untuk kalian yang telah menyandang gelar “Alumni Mjie” haruslah melanjutkan prestasi n karir setinggi mungkin yang pada akhirnya diharapkan dapat membuka kesempatan kerja yang berjiwa entrepreneurship bukan menjadi kelompok angkatan kerja yang mondar-mandir mencari kerja. Dan bagi mereka yang Kelulusannya Tertunda (nah ini session yang menyedihkan dan membuat g percaya karena biasanya mereka yang tidak lulus ini, justru dari siswa/i yang berprestasi n rangking disekolahnya….) untuk itu jangan tunda lagi ajak hatimu untuk mengintrospeksi diri, tawakal dan mengikhlaskannya (law berat sih). Karena itulah obat yang paling mujarab. Pasti ada “rahasia dari-Nya” untuk kita. Karena rahasia-Nya, kitapun g tau tapi akan kita ketahui setelah cobaan itu terjadi. Naaah… Alangkah baiknya jika kamu tlah mempersiapkan diri dengan penguasaan materi, cobalah diimbangi dengan DOA, dekatkan lagi dirimu lebih kontinyu dengan YANG MAHA MENGATUR SEGALANYA ( yang kontinyu lho, jangan pernah dihentikan sampai ajal menjemputmu, amiiin), agar kalian memiliki emosional yang stabil dalam menyikapi suatu masalah. Oh……ya, jadi ingat pada tanggal 2 Maret 2009 yang lalu, aku dapat sms dari alumni 2005 namanya Fera. Di smsnya dia bilang telah lulus ujian skripsi pada hari Selasa, 24 Februari 2009 (tp syg g keburu wisuda tgl 28 Feb, ntar Juli nanti, tp paling tidak sdh diposisi aman n tenang). Fera adalah siswa Mjie yang nilai akademik dan afektifnya baik banget, namun dewi fortuna tidak dipihaknya dan dia harus lulus dengan paket C. Tapi si Fera memiliki sikap percaya diri yang luar biasa. Fera kecewa sudah pasti, tapi dia g larut dan bisa mengikhlaskan semua. Itu yang membuat aku bangga karena dia punya emosional yang stabil. Aku ingat saat dia dan ortunya menghampiriku dan berkata : “Ibu, beri Fera waktu privat dengan ibu !!!” (karena dulu…..gurunya yang satu neh sulit klop jadwalnye). Dan hampir 2 bulan setiap jam 19.00-21.00 WIB Fera dan Hesti juga siswaku kerumah. Kami bahas soal-soal dari SKL yang g dimengerti aja. Dan pengalaman kegagalannya dia jadikan semangat selama berkiprah pada Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi di Untan. Bahkan judul skripsinya g jauh-jauh dari pengalamannya juga yaitu “PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR ……..” g berani dlanjutin bro, karena Fera g tahu neh kalo dijadikan example, mudah2an Fera g marah dengan ibu setelah membaca ini. Jadi anak-anakku… met belajar n jangan hanya mempersiapkan penguasaan materi aja, TAPI mentalnya juga biar staabil n ingat !!! kamu orang harus ikhlas jo. Wah…g nyambung lagi nech daku ………..

Pada baris di atas aku menyatakan bahwa dulu aku sulit mengklopkan jadwalkan??? Karena aku hanya punya waktu malam aja. Waktu itu aku sempat mengajar pagi di dua sekolah yaitu swasta dan negeri dan siangnya langsung ke Mjie. Jadi malam itulah waktuku untuk membaca walau sebentar sekedar mempersiapkan materi buat besoknya dan istirahat hat hat hat. Waktuku habis diluar rumah tapi di dalam lingkungan sekolah lho g berjemur he he…. Dan pada kedua sekolah itu aku tidak pernah memasukan lamaran!!! Karena aku memang g pernah kepikir sampai kesana. Ditempat swasta itu awalnya karena aku diminta tolong oleh Ibu Maspohan (Almarhumah) untuk menggantikan beliau selama sebulan karena ada Training di Bandung. Eh…..2 bulan setelah itu aku didatangi Ibu lagi katanya sekarang permanen menggantikannya karena beliau telah Lulus sebagai Pengawas Sekolah di Kab Ketapang. Aku tolak !!! Karena alasanku terlalu berat mengajar kelas 3 sedang di Mjie aku ngajar kelas 1. Tapi ternyata beliau g menyerah begitu saja, tak kusangka beliau minta Kepsek saat itu Pak Thahir Akhmad untuk membujukku. Aku dipanggil di ruang Kepsek, bertiga & sekian jam kami disana. Hm…kalau sudah ketemu dengan Kepsek neh, aku g berkutiklah alias mati kutu. “Bapak banget” sih dan nasehat2nya masuk diotakku. Padahal menurut keluargaku aku ini diem tapi “keras hati” akan tetapi Alhamdulillah baik hati he he…. Pokoknya acung 2 jempol dech buat Figur Kepsek yang satu ini palagi tlah memberikan kepercayaannya untuk aku mengajar disekolah lain. Aneh tapi nyata!!!!

Trus sampai kesekolah Negeri, salah satu sekolah favorit di kota Pontianak pun karena teman yang merekomendasikan. Karena mendapat support yang g henti-hentinya dari 3 temen guru yang kebetulan pada saat itu ngajar di Mjie, juga di sekolah negeri itu (karena aku ragu2 alias g pede). Ternyata aku menggantikan Bapak yang menjadi Wakakur (sekarang dah menjadi Kepsek di sekolah negeri yang lainnya di kota Ptk juga). Aku kenal karena beliau fasilitator MGMP Ekonomi Akuntansi. Hmmmm dag dig dug aku karena dipercaya mengajar kls X yang telah menggunakan kurikulum baru dan perdana yaitu KBK. Pokoknya jungkir balik deh belajar biar g o’on di depan kelas. Jadi…itulah riwayatnya iiih dongeng kali. Dan sekarang aku tidak mengajar dikedua sekolah itu lagi. Banyak kenangannya… saat-saat kemah dimana aku kebingungan kalo sdh waktunya mandi (serba darurat bro..). Akhirnya ada beberapa ibu guru yang kurepotkan nemanin mandi dirumah penduduk karena aku g bisa mandi …dialam terbuka bro,…waduh g deh. Buat Bu Rahmi n suami (Pak Urai) yang perhatian banget selama perjalanan Study banding Jawa-Bali. Dan pada saat kami sampai di Ptk 26 Desember jam 6 pagi dapat kabar Aceh kena Tsunami !!! Dan kejadian yang membuatku menyesali diriku sendiri karena g bs berkomunikasi yang lancar saat berkunjung dengan guru dan siswa di Inti College Malaysia. Salut dech untuk kalian yang telah menguasai bahasa dunia yaitu bahasa inggris. Yah…itulah rizkiku karena rekomendasi he he… bahkan sampai sekarang aku g tahu juga siapa yang merekomendasikan aku ikut menyusun Portofolio. Allahualam. Yang jelas semua patut untuk disyukuri dan kontinyu !!!

Ocd untuk kedua sobatku, aku dah nepatin janji n nyelesaikan PRku, Pokoknya aku no coment dah apapun nilainya he he….. Dan untuk semuanya yang kebetulan stay diblog ini -------- Daaaaaaaaaaah-----by by-----C U-----salam thayank sll-----Wassalam. : )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar