Kamis, 19 Maret 2009

BURSA KOMODITI ‘PLUS PLUS’

Sebelum nyampe ke bursa komoditi sekilas kita perlu tau apaan tuh bursa. Bursa disebut juga pasar yaitu suatu pasar yang diorganisir secara baik, orang-orang yang terlibat di dalamnya, bentuk transaksi yang dipergunakan, cara penyelesaian keuangan dalam setiap transaksi, dll yang perlu diatur sesuai dengan kebutuhan. Persamaan bursa dengan pasar adalah keduanya merupakan sarana yang mempertemukan penjual dan pembeli untuk melaksanakan transaksi jual beli. Adapun perbedaan keduanya adalah :
Bursa Pasar
1. Pembelinya terbatas hanya untuk anggota bursa.
2. Orang luar yang ingin melakukan transaksi harus melalui perantara (broker/pialang).
3. Komoditi yg diperjualbelikan sudah memenuhi standar, baik mutu maupun jenisnya. 1. Penjual dan pembelinya bebas (tidak terbatas).
2. Setiap orang bebas untuk melakukan transaksi.
3. Barang atau komoditi yang diperjualbelikan cenderung bebas.
Bursa bersifat pasar abstrak yaitu dimana penjual dan pembeli tidak bisa langsung melihat wujud produknya tetapi melalui perantara (baca point 2 bursa). Untuk itu Bursa memiliki fungsi dan tujuan. Sbg tempat transaksi jual beli, bursa mempunyai fungsi sbg sarana untuk :
- melakukan transaksi bisnis yg sehat diantara penjual dan pembeli sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan.
- mendapatkan modal, tenaga kerja atau komoditas tertentu yang diperlukan oleh para pengusaha untuk memperlancar bisnisnya.
- bagi pemerintah untuk mengendalikan penggunaan devisa.
Adapun tujuan bursa, yaitu :
- mempertemukan org2 yang memerlukan sesuatu dengan orang-orang yang dapat menyediakan.
- Mengkoordinir transaksi bisnis di antara sesama anggota bursa, agar tidak terjadi spekulasi dan instabilitas harga.
- Menghindarkan persaingan yg tdk sehat diantara sesame pembeli maupun sesame penjual dalam bursa.
- Membantu pemerintah dlm mengendalikan perdagangan komoditas atau sesuatu yang diperdagangkan dlm bursa sehingga stabilitas harga, mutu & jumlah uang yg diperdagangkan terjamin.
Naaah….. dah tau bursa skrg kita ke inti postingan ini. Bursa itu terbagi 5, biasa aku singkat UEVKT yaitu bursa Uang, bursa Efek, bursa Valas, bursa Komoditi n bursa Tenaga Kerja. Hebat bro ke-5 bursa ini diorganisir se perfect mungkin, krn emang fungsi dan tujuannya baikkan ??? Aku tertarik mengupas Bursa Komoditi aja, but skrg sdg hangat2nya (padahal dr duluuuuu bgt dah terjadi). Bursa Komoditi adalah pasar yang mempertemukan penjual & pembeli utk melaksanakan transaksi jual beli komoditi tertentu. Komoditi yang diperjualkan adalah komoditi ekspor yang memiliki pasaran di bursa Int’ spt: kopi, gula, karet, tembakau n hasil bumi yg lain. Dan jenis2 komoditi yg diperdagangkan ditetapkan dgn Kepmendag & kualitasnya sdh memenuhi standar yang ditetapkan. Trus mengapa disebut pasar abstrak?? Karena dlm transaksi jual belinya bukan barangnya yang ditunjukan, tetapi hanya dokumen brg tsb. Oleh krn tu, dokumen hrs berisi keterangan mengenai barang yang ditawarkan sehingga pembeli dapat mengenali dgn baik brg yg akan dibeli. Adapun syarat2 brg komoditi adalah : barang yang diperjualbelikan dlm partai besar, persediaan brg yg cukup, brg dpt disediakan secara berkala, memenuhi standar bursa Int’ & ditetapkan oleh menteri yang bersangkutan.
Tapi apa lacur YG TERJADI di bursa komoditi sekarang tdk hanya memperdagangkan hasil alam tetapi manusianya juga !!! Terutama perempuan dan anak2 menjadi target komoditi ekspor. Subhanallah !!!! Wanita & Anak2 sejajar dgn ‘barang’ yg pada akhirnya menjadi barang rongsokan tak berharga dan di-TPA-kan (disingkirkan di TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR), entah berakhir kemana tanpa ada pesangon dan rehabilitasi untuk mrk yg tlah ‘terpedaya’ keadaan dari oknum2 yg tak bertanggungjwb. Jaringan tingkat Int’ sdh tak terhitung apalagi yg lokal. Prostitusi sudah menjadi hal yg biasa. Baik mengatasnamakan factor ekonomi, terjerumus karena keluguan & kepolosan alias udik n ndeso, kurang perhatian atau karena kecewa dgn pasangannya. Apapun alasannya…..(aku g bisa nulis neh… sedih bro…). Tidakkah kau miris wahai kaumku & oknum yg tdk bertanggungjwb melihat bayi2 tak berdosa krn aborsi ??? Dibuang ditong sampah, dihanyutkan or ditenggelamkan dg batu atau tanpa segan n bersalah apalagi dosa dibunuh dg dililitkan tali pusarnya. Dan bagi mereka yang mampu/berduit meng-aborsikannya di tempat2 praktek yg tlh tersedia. Tempat praktek aborsi yang ‘berkedok’ dg berbagai macam nama di Plangnya spt di Jl. Johar Jkt itu, ya ampuuun orok tak berdosa itu dibuang ditoilet atau ditanam diubin ruang praktek. Huuuuu praktek aborsi aja punya sindikat yg sgt tertata rapi dan mempunyai tim yang kompak, spt : Dokter (lupa yah bung dgn sumpah jabatan & kode etiknya), bidan, preman dan sopir /ojek. Tim-tim yg tlah memberikan jasa & kemudahan YANG SALAH BESAR. Tim yang secara tdk langsung tlah membuat prostitusi dan komoditi manusia tumbuh subur. (190309).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar